Iklim Intelektual Islam di Kalangan Aktivis Kampus, Claudia Nef Saluz [Ed.]

Title:Iklim Intelektual Islam di Kalangan Aktivis Kampus
Penulis/Author: Claudia Nef Saluz [Ed.]
Penerbit/Publisher: Resist Book
Edisi/Edition: Segel
Halaman/Pages: Segel
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga/Price: Call
Status: Ada/Available

***

Buku ini berusaha menangkap dinamika beragam gerakan Islam yang ada dalam lingkup kampus. Tujuannya adalah untuk melihat bagaimana kaum Muslim muda mengasimilasi ide-ide dan pendekatan-pendekatan kritis dan kreatif yang berasal dari sumber-sumber inspirasi yang beragam dan luas. Buku ini berisi sembilan tulisan gerakan mahasiswa terpilih dengan tujuan menunjukkan beragam cara yang dilakukan oleh kaum muda Muslim dalam memahami teks-teks religius, dan penafsiran-penafsiran yang mereka buat antara teori dan praktik keseharian kehidupan mahasiswa. Dengan menelaah keseluruhan tulisan, para pembaca akan menemukan banyak perbedaan dan juga persamaan dalam cara para aktivis organisasi yang berbeda ini mengamalkan agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Semua aktivis mendukung sebuah pemahaman dan memandang diri mereka sebagai agen potensial perubahan. Tantangan yang muncul adalah bagaimana menegoisasikan persamaan dan perbedaan dalam sebuah dunia yang makin terhubung dengan pilihan-pilihan yang banyak dan terbuka bagi kaum muda berpendidikan ini.

"Dinamika pemikiran Islam di Indonesia tidak bisa dipahami tanpa memperhatikan aktivisme Islam di kampus, karena banyak perdebatan penting telah mulai disitu. Begitu pula gerakan-gerakan dan diskusi-diskusi di kampus hari ini pasti akan berdampak pada wacana publik Islam masa depan. Satu dasawarsa setelah masa 'reformasi', ketika gerakan mahasiswa merupakan bagian penting dari proses politik dan cukup menarik perhatian, kehidupan kampus sekarang hampir luput dari perhatian pengamat. Usaha Claudia Nef Saluz untuk mengatasi kekosongan itu dan menggambarkan keanekaragaman gerakan mahasiswa dan isu-isu yang diangkat mereka pada masa kini patut dipuji, dan sangat mungkin menjadi referensi baku untuk kajian selanjutnya."
(Martin van Bruinessen, Guru Besar Studi Perbandingan Masyarakat-Masyarakat Muslim Kontemporer, Universitas Utrecht)

"Melalui sentuhan etnografis yang mengesankan, Claudia Nef Saluz berhasil mengajak mereka untuk bertutur tentang diri mereka sendiri, perasaan-perasaan, harapan-harapan dan sekaligus kegamangan yang mereka hadapi. Buku ini menawarkan model kajian etnografis yang baru yang menjanjikan dengan menyajikan "narasi-narasi biografis" (biographical narratives) dalam pengertian sesungguhnya, sebuah karya menarik dan unik yang sangat berguna bagi siapa pun yang ingin mengenal secara dekat dinamika aktivisme kaum muda di Indonesia."
(Dr.Noorhadi Hasan, Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Peneliti pada Program "In Search of Middle Indonesia," KITLV, Belanda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar