EKONOMI RAKYAT, PROGRAM IDT, DEMOKRASI EKONOMI, Mubyarto

Judul: Ekonomi Rakyat, Program IDT, Demokrasi Ekonomi Indonesia
Penulis: Mubyarto
Penerbit: Aditya Media
Edisi: Cetakan Pertama 1997
Halaman: 195
Dimensi: 14,5 x 20,5 x 1 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Bekas
Harga: Rp. 65.000
Call No: 330.1/Mub/e

Mubyarto, penulis buku ini untuk kesekian kalinya memaparkan pandangannya yang jernih dan lugas mengenai demokrasi ekonomi. Pertama, demokrasi ekonomi haruslah dipahami dalam kerangka konsep yang menitikberatkan bukan pada tujuan tetapi pada cara suatu masyarakat mengatur sistem ekonominya. Kedua, demokrasi ekonomi akan menjadi kuat dan teguh manakala berkembang dan berakar pada rakyat lapisan paling bawah dari suatu masyarakat. Oleh sebab itu, landasan demokrasi ekonomi tidak mungkin dikembangkan dari pandangan atau filsafat hidup yang berasal dari luar masyarakat yang bersangkutan.

Uraian bab demi bab di dalam buku ini akan mengantarkan pembaca kepada pemahaman utuh mengenai demokrasi ekonomi yang digagas oleh penulisnya. Dengan menggunakan frame of reference buku inilah, diharapkan pula masyarakat luas -- termasuk aparatur pemerintah dan kalangan pemerhati -- dapat mengenali secara jernih terhadap maksud dan tujuan program PPK (Peningkatan Penanggulangan Kemiskinan yang lebih terkenal sebagai Program IDT).

Program IDT tidak bertujuan membangun tetapi mengembangkanekonomi rakyat. Program IDT tidak menyiapkan rakyat agar dapat secara tepat melaksanakan program pemerintah, tetapi lebih dari itu adalah untuk memberdayakan [ekonomi] rakyat dengan menciptakan peluang atau iklim bagi berkembangnya kegiatan ekonomi rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar