Ekonomi Kerbau Bingung, Sindhunata

Judul/Title:Ekonomi Kerbau Bingung 
Penulis/Author: Sindhunata
Penerbit/Publisher: Kompas
Edisi/Edition: 2006
Halaman/Pages:Segel
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga/Price: Call
Status: Ada/Available

***

Barang Pabrik, mereka mau mahal. Lha sama sapu kok ngeh leh ngeyek nemen (kok menyepelekan sekali). Tanpa sapu apa rumah orang kaya bisa bersih, kata Pak Abidin. Pak Abidin tahu soal tepo seliro sebenarnya bukan urusan tukang sapu. Itu sama sekali tergantung pada kebijakan konsumen, apa mereka bisa menghargai produksi rakyat jelata yang kelihatannya amat sederhana, tetapi sebenarnya cukup vital itu. Kalau demikian, rakyat ya pakai ekonomi kerbau bingung. Ya, seperti kerbau itu, rakyat seperti saya ini hanya ikut arus orang saja. Diberi rumput ya syukur, tidak diberi ya tidak bisa apa-apa. Bagaimana kalau tidak menjadi kerbau bingung ditengah ruwetnya ekonomi seperti ini?

Keadilan tampak begitu jauh bagi rakyat biasa. Buku Ekonomi Kerbau Bingung mengangkat kisah manusia yang terseok-seok mendamba keadilan di tengah gerak cepat ekonomi besar.
  • Kisah Saminah pembantu rumah tangga yang menjadi korban kekerasan majikan
  • Nasib tali pelepah pisang yang punah diganti tali plastik
  • Suasana obrolan kala mandi di tepi Kali Malang
  • Serta berbagai kisah realita kehidupan masyarakat bawah yang mesti hidup dicukup-cukupkan.
Penulisnya Shindunata, dikenal berhasil mengangkat kejadian dan persoalan hidup ke panggung reportase dalam sosoknya yang nyata, hidup, berdesak, berkeringat, berair mata, bersenyum dan berpengharapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar