Identitas Islam Pada Perubahan Sosial-Politik, John L. Esposito [Ed.]

Identitas Islam Pada Perubahan Sosial-Politik, John L. Esposito [Ed.]

Judul/Title: Identitas Islam Pada Perubahan Sosial Politik
Penulis/Author: John L. Esposito [Ed.]
Penerbit/Publisher: Bulan Bintang
Edisi/Edition: 1986
Halaman/Pages: 401
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga/Price: Call
Status: Ada/Available

***

Pada abad kedua puluh ini, negara-negara ISlam menghadapi tantangan-tantangan yang cukup besar di bidang politik dan sosial; perjuangan membebaskan diri dari cengkeraman kolonial, pembentukan dan pengembangan negara-bangsa yang merdeka dengan segala penekanan dan permasalahan modernisasinya, konflik Arab-Israel, dan yang paling baru, munculnya negara-negara penghasil minyak sebagai satu blok kekuatan ekonomi dunia yang besar. Sejarah Islam di zaman modern ini, mencerminkan inter-aksi terus menerus antara ajaran Islam dan gerakan-gerakan pembaharuan.
Walaupun Islam dapat diakui sebagai kekuatan yang cukup penting dimasa pra-kolonialisme dan dalam batas tertentu pada gerakan kemerdekaan di abad kedua puluh ini, namun kekuatan dan inter-aksi Islam dalam pembaharuan sosial dan politik, sering tidak diperhatikan atau diabaikan.
Bagi banyak pengamat, Islam hanyalah satu penghalang perubahan, yang relevansinya bagi tatanan politik dan sosial akan semakin berkurang. Karena itu, adanya peristiwa-peristiwa politik yang sekarang terjadi di dunia Islam, cukup mengejutkan para pengamat pada umumnya.

Buku ini berusaha memberikan perspektif dan pandangan terhadap peranan Islam yang kompleks dan hidup dalam perubahan politik dan sosial. Para ahli dari berbagai bidang ilmu, dalam buku ini berusaha menjelajahi inter-aksi antara ajaran agama dan dunia modern di dunia Islam sekarang ini, serta bagaiamana pengaruhnya terhadap perkembangan politik dan sosio-ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar