Hukum Administrasi Negara, DR. Ridwan HR

Hukum Administrasi Negara, DR. Ridwan HR

Judul/Title: Hukum Administrasi Negara
Penulis/Author: DR. Ridwan HR
Penerbit/Publisher:Rajawali Pers
Edisi/Edition: 2013
Halaman/Pages: 392
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga Jual/Sale Price: Call
Status: Ada/Available

***

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara selalu saja ditemukan tarik ulur antara kekuasaan, hukum dan demokrasi yang bersumber pada keserakahan pada kekuasaan, padahal keserakahan akan kekuasaan tersebut tidak saja melanggar prinsip-prinsip negara hukum, demokrasi, dan hak-hak asasi manusia, namun juga dapat melanggar prinsip-prinsip hukum administrasi dan asas-asas umum pemerintahan yang layak. Dari optik hukum administrasi, kiranya dimasa sekarang inilah seharusnya mulai ditumbuhkan dan dikembangakan pemikiran-pemikiran tentang perlunya merekonseptualisasikan dan mereposisi, serta merefungsionalisasi kedudukan hukum Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintahan khususnya asas-asas umum pemerintahan yang layak, baik di pusat maupun di daerah sehingga secara perlahan dan pasti diharapkan akan mengubah tatanan, instrumentasi, dan orientasi kehidupan penyelenggaraan pemerintah menuju good goverment.

Konsep good goverment dan good governance yang marak didengungkan akhir-akhir ini pada intinya merupakan implementasi asas negara hukum dan asas demokrasi, yang merupakan dua landasan hukum utama hukum administrasi. Hal ini berarti pengejawantahan good goverment dan good governance hanya mungkin ketika hukum administrasi berfungsi sebagai mana mestinya. Sebaliknya, jika hukum administrasi tidak berfungsi, good goverment dan good governance hanya akan menjadi slogan atau sekedar menjadi komoditas politik.

Sejalan dengan intervensi pemerintah dalam hampir semua dimensi kehidupan warga negara, pemahaman terhadap norma-norma hukum administrasi menjadi penting bukan saja bagi aparatur pemerintah, tetapi juga bagi warga negara dan tak kalah pentingnya bagi para penegak hukum.
Tidak ada komentar:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar