Metode Statistik Nonparametrik Terapan, P. Sprent

Metode Statistik Nonparametrik Terapan, P. Sprent

Judul/Title: Metode Statistik Nonparametrik Terapan
Penulis/Author: P. Sprent
Penerbit/Publisher: UI Press
Halaman/Pages: 310
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga/Price: 55.000
Status: Ada/Available

***

Komputasi modern telah membuat metode-metode nonparametrik menjadi salah satu bidang statistik yang perkembangannya paling cepat. Buku ini menggunakan contoh-contoh-banyak yang didasarkan pada data nyata terutama diperoleh untuk tujuan tersebut- untuk menerangkan alasan dan penerapan dari setiap prosedur dengan teori Matematika atau teori lanjutan yang minimal. Hampir seluruh contoh-contoh diikuti dengan komentar yang berhubungan dengan kesulitan-kesulitan praktis dan perangkap-perangkap yang harus dihindari. Beberapa kumpulan data dianalisis dengan lebih dari satu cara untuk menjawab berbagai masalah yang mungkin menarik bagi para pekerja riset dan analisis data.
Buku ini dimaksudkan sebagai suatu pengantar, naskah untuk belajar sendiri bagi mahasiswa program sarjana muda dan sebagai suatu petunjuk praktis bagi para pekerja riset dalam disiplin ilmu lainnya yang berpendapat bahwa metode nonprametrik semakin relevan. Kepada pembaca yang terbatas pengetahuannya tentang statistik diberikan rekomendasi yang berguna mengenai bacaan yang sesuai.
Penekanannya adalah pada teknik-teknik yang tepat, dimana sebagian besar paket-paket program komputer tersedia. Suatu ciri baru adalah sebuah penghitungan dasar dari gagasan-gagasan baru yang penting jarang diuraikan pada tingkat ini dalam kepustakaan, Ini termasuk model loglinear, penilai-m, Jackknife dan Bootstrap. Buku ini diakhiri dengan suatu survei yang baru dan penerapan yang lebih luas sehingga menunjukkan arah dan bacaan lanjutan bagi mereka yang ingin mencari teknik-teknik yang lebih khusus.
Peter Sprent adalah Profesor Emeritus dalam Statistik pada Universitas Dundee, Skotlandia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar