Hukum Agraria Indonesia, Prof. Boedi Harsono

Hukum Agraria Indonesia, Prof. Boedi Harsono

Judul/Title: Hukum Agraria Indonesia; Jilid 1: Sejarah Pembentukan Undang-Undang Pokok Agraria, isi dan pelaksanaannya.
Penulis/Author: Prof. Boedi Harsono
Penerbit/Publisher: Djambatan
Halaman/Pages:  403

Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga/Price: Call
Status: Ada/Available

***

Paragraf pertama langsung dinyatakan, buku ini diterbitkan pertama kali pada 1961 oleh PT Penerbit Djambatan. Tepatnya, setahun setelah UU No.5 Tahun 1960 tentang Pokok Agraria.
Disebutkan oleh penulis, kali pertama dicetak, buku ini hanya terdiri dari satu jilid. Namun, karena perkembangan studi hukum agraria, isi buku harus diceraikan. Sehingga pada tahun 1968, isi buku dibagi ke dalam tiga buku.
Buku pertama menguraikan pembaharuan hukum agraria berikut asas-asas hukum agraria baru, yang menjadi dasar ketentuan di UUPA. Buku kedua membahas hal-hal mengenai hak-hak atas tanah dan hak agraria lain. Buku ketiga memuat lengkap semua bagian UUPA dilengkapi peraturan pelaksana serta keputusan-keputusan penting di terkait reformasi pertanahan.
Setelah diceraikan, masing-masing jilid sejatinya haruslah diberi nama berbeda. Tapi, pemikiran itu tak segera terpikirkan oleh penulis. Sehingga buku pertama dan kedua masih diberi judul sama saat kali pertama diterbitkan.
Baru kemudian, keduanya diubah judulnya menjadi seperti sekarang ini, ‘Hukum Agraria Indonesia - Sejarah Pembentukan Undang-undang Pokok Agraria, Isi dan Pelaksanaannya’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar