Veil; Perang Rahasia CIA, Bob Woodward

Judul/Title: Veil; Perang Rahasia CIA
Penulis/Author: Bob Woodward
Penerbit/Publisher: Erlangga
Edisi/Edition: 1987
Halaman/Pages: 374
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga/Price: Rp. 100.000
Status: Ada/Available

***

"Setiap orang selalu berkata lebih banyak ketimbang yang seharusnya," ujar Direktur CIA, William J.Casey, kepada Bob Woodward dalam salah satu wawancara mereka dalam buku ini. Dengan menggunakan ratusan sumber kalangan dalam dan dokumen rahasia, Woodward merangkai sebuah kisah yang tiada taranya menyangkut CIA, Direktur CIA, Casey dan pemerintah Amerika Serikat.

Woodward menyajikan dokumentasi baru dan otoritatif untuk menunjukkan bagaimana, semenjak hari-hari pertama pemerintahan yang baru, pemerintah kontra di Nikaragua, terorisme, Iran dan Libya tumbuh menjadi obsesi bagi Reagen dan Casey. Ini merupakan studi klasik mengenai hubungan antara manajemen spionase tercanggih di dunia dan perumusan kebijakan luar negeri. Pengkhianatan, akal bulus, suap, bahkan pembunuhan merupakan sarana. Di sini terpampang potret seorang kepala intelejen yang setanding dengan John le Carre dalam karya George Smiley.

Casey, manajer kampanye kepresidenen Ronald Reagen di tahun 1980 dan yang menjabat direktur CIA dari tahun 1981 sampai 1987, merupakan cerminan dan membantu menegakkan aspirasi kebijakan luar negeri Pemerintahan Reagen yang akan menjadi jelas saat akan memancangkan era mereka. Dengan manuver di seputar pusat kekuasaan Washington, Casey bergerak leluasa dan barangkali merupakan Direktur CIA yang paling berkuasa selama 40 tahun sejarah badan tersebut. Dia tampil menyenangkan dan meyakinkan di panggung dunia, menggebrak Presiden dan bangsanya ke berbagai perang terselubung baru dan luas serta ke pelbagai hubungan rahasia. Dengan latar belakang generasi dan falsafah yang bertautan, Reagen dan Casey menjadi sebuah tim yang berupaya memperbaharui dunia.

VEIL adalah kisah perang terselubung yang berlangsung dalam lingkup serba rahasia dan menjadi titik perhatian dan pada akhirnya menjadi bom waktu kebijakan luar negeri di tahun 1980-an

Tidak ada komentar:

Posting Komentar