Pengantar ilmu Antropologi, Prof.DR. Koentjaraningrat

Judul/Title: Pengantar Ilmu Antropologi
Penulis/Author: Prof.DR. Koentjaraningrat
Penerbit/Publisher: Rineka Cipta
Edisi/Edition: 2009
Halaman/Pages: 338
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga/Price: Rp. 55.000
Status: Ada/Available

***

Dalam buku ini Koentjaraningrat membahas secara detail tentang antropologi yang berarti "ilmu tentang manusia", dan merupakan suatu istilah yang sangat tua. Dahulu istilah itu digunakan dalam arti yang lain, yaitu "ilmu tentang ciri-ciri tubuh manusia". Sejarah perkembangan ilmu antropologi telah mencatat bahwa sejak mulanya hingga sekarang objek penelitiannya masih tertuju pada masyarakat dan kebudayaan suku bangsa.
Sampai sekarang di berbagai negara masih dipakai berbagai istilah untuk ilmu antropologi sehingga sangat menarik untuk mengetahui dimanakah istilah-istilah tersebut lazim dipakai dan apakah arti istilah seperti ethnography, ethnology, volkerkunde, kulturkunde, anthropology, cultural anthoropology, dan social anthropology?

Selain itu, buku ini juga membahas secara rinci tentang pembagian ilmu antropologi, yaitu: antropologi biologi dan antropologi budaya. Antropologi budaya terbagi lagi menjadi dua sub-sub ilmu, yaitu: prehistori, etnolinguistik, etnologi, etnopsikologi, antropologi spesialisasi, dan antropologi terapan. Anda akan mendapatkan tambahan wawasan mengenai kebudayaan asing. Dan yang menarik, Anda tidak hanya diberikan uraian tentang kebudayaan saja, tetapi juga peta penyebarannya.
Kita patut berbangga karena memiliki tokoh Koentjaraningrat sebagai ahli antropologi yang diakui dunia. Salah satu karya almarhum ini memberikan kontribusi besar bagi bidang antropologi Indonesia sehingga sepatutnya menjadi warisan ilmu untuk dibaca dan dipelajari oleh para mahasiswa, praktisi, dan para peminat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar