Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Prof.Drs.Onong Uchjana Effendy, M.A

Judul/Title: Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek
Penulis/Author: Prof.Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A.
Penerbit/Publisher: Rosda
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga/Price: Rp. 38.000
Status: Ada/Available

***

Pentingnya komunikasi dalam kehidupan sosial telah menjadi perhatian para cendikiawan sejak zaman Aristoteles walaupun hanya berkisar pada retorika dalam lingkungan kecil. Baru pada pertengahan abad ke-20, ketika dunia dirasakan semakin kecil akibat revoulusi industri dan revolusi teknologi Elektronik, para cendikiawan menyadari pentingnya meningkatkan komunikasi dan pengetahuan menjadi ilmu. Kini ilmu komunikasi semakin mendapat perhatian dari masyarakat karena relevansinya dalam berbagai bidang kehidupan semakin jelas.

Buku Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek ini tidak hanya membahas komunikasi secara teoritis, tetapi juga menyertakan cara-cara menerapkannya dalam retorika, kepemimpinan, pembangunan, organisasi, pendidikan, hubungan masyarakat, jurnalistik, dan perang urat saraf. Karenanya buku ini tidak hanya berguna bagi para mahasiswa fakultas ilmu komunikasi, tetapi juga berguna bagi para politikus, pemimpin, pengusaha, pendidik, kepala humas, wartawan, perwira dan Anda, para komunikator yang senantiasa berupaya untuk meninhgkatkan keterampilan berkomunikasi.



Prof.Drs.Onong Uchjana Effendy, M.A., yang dilahirkan pada tanggal 1 September 1925, adalah salah seorang penulis yang produktif dalam bidang komunikasi. Gelar kesarjanaannya diraih pada Fakultas Publisistik Universitas Padjajaran (1966). Pada tahun yang sama ia mengikuti Training for Radio and Television Broadcast pada ABC di Sydney, Australia. Gelar M.A. dalam bidang Mass Communication diraih pada Bowling Green State University, Ohio, As berkat beasiswa yang diberikan kepadanya oleh pemerintah Amerika Serikat (1973-1974).
Ia pernah menjadi Dekan Fakultas Publisistik Universitas Padajajaran selama tiga periode berturut-turut antara 1975 dan 1982. Sejak bulan Oktober 1989 ia ditetapkan sebagai Guru Besar Madya dalam Ilmu Komunikasi.
Selain mengajar di Fakultasnya sendiri, yakni Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, juga di Fakultas Pascasarjana universitas yang sama, di Uninus, Unisba, Unpar, Ikopin, STIA LAN, dan STIA Angkasa. Ia juga pernah diangkat sebagai penguji tamu (external examiner) pada Jabatan Pengajian Melayu, Universiti Malaya, Malaysia dan dosen pada Akabri Bagian Kepolisian; kepadanya oleh Menhankam dianugerahkan Satya Lencana Dwija Sistha.
Pengalamannya dalam bidang media massa ialah sebagai operator, wartawan radio, kepala redaksi RRI (1946-1970) dan redaktur malam pada beberapa surat kabar (1960-1970).
Dalam organisasi profesi ia pernah menjadi Ketua Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Cabang Bandung, Sekretaris Daerah Majelis Musyawarah Perfilman Indonesia (MMPI) Jawa Barat, anggota Dewan Pers selaku wakil Masyarakat unsur ahli, anggota Asian Mass Communication Research and Information Centre (Amic), anggota International Association of East West Center Alumni (IAEWCA), anggota Himpunan Indonesia untuk pengembangan Ilmu-Ilmu Sosial (HIPIS), dan anggota Badam Pembina Perfilman Daerah (BAPFIDA) Jawa Barat.
Aktif sebagai penceramah dan pemrasaran dalam berbagai forum dan seminar. Kini pengetahuan dan pengalamannya itu bisa disumbangkannya pula kepada Anda dalam bentuk buku yang berada di tangan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar