Etika, K. Bertens

Judul/Title: Etika
Penulis/Author: K. Bertens
Penerbit/Publisher: Gramedia
Edisi/Edition: 2008
Halaman/Pages: 187
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga/Price: Rp. 50.000
Status: Ada/Available

***

Sebagai refleksi atas moralitas perilaku manusia, etika mempunyai tradisi yang panjang. Di zaman kita sekarang, minat terhadap etika tidak berkurang, tetapi justru bertambah besar, antara lain karena masalah-masalah moral baru yang ditimbulkan oleh ilmu pengetahuan dan teknologi. Apakah kita boleh memanipulasi kehidupan manusia ("bayi tabung", eksperimen dengan embrio, rekayasa generik, dan seterusnya)? Bagaimana tanggung jawab kita terhadap lingkungan hidup?
Bukankah kita mempunyai kewajiban moral untuk mengubah pola perkembangan industri dan pola hidup perseorangan untuk dapat menyelamatkan lingkungan hidup? Apakah senjata nuklir masih dapat diterima sebagai sarana legitim untuk membela diri? Apakah energi nuklir tidak membawa resiko terlalu besar bagi masa depan manusia untuk dapat dipergunakan dengan tenang dan aman? Itulah contoh beberapa pertanyaan berat yang dihadapi etika sekarang ini.

Dalam buku ini, Prof. Dr.K. Bertens mengajak pembaca untuk menjelajahi seluruh wilayah etika. Pertama-tama dibahas tema-tema klasik seperti: hati nurani, kebebasan, tanggung jawab, dan keutamaan. Lalu dibicarakan beberapa teori besar dari sejarah filsafat moral: hedonisme, eudemonisme, utilitarianisme, dan deontologi. Akhirnya, disajikan sekadar pengantar pada etika terapan, artinya, etika yang menyoroti bidang-bidang khusus seperti dunia kedokteran, praktik bisnis, lingkungan hidup, dan lain-lain.
Sebuah buku aktual yang sejalan dengan apa yang pernah disebut "Revival of Ethics", kebangkitan kembali etika yang menandai zaman kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar