Administrasi Negara dan Masalah-Masalah Publik, Nicholas Henry

Judul/Title: Administrasi Negara dan Masalah-Masalah Publik
Penulis/Author: Nicholas Henry
Penerbit/Publisher: Rajawali Press
Edisi/Edition: 1995
Halaman/Pages: 630
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga/Price: Rp. 95.000
Status: Ada/Available

***

Apa yang terjadi dengan ilmu administrasi negara selama 80 tahun perkembangannya? Jawabnya adalah kekacauan. Selama 80 tahun, ilmu administrasi negara telah berkembang dengan pesat. Berbagai paradigma baru muncul dan yang lama tumbang. Perubahan persepsi dan penemuan baru menghasilkan sudut pandang yang berbeda. Pendek kata perkembangan intelektual adalah sedemikian rupa, hingga tak ayal berbagai definisi mapan tersuruk sebagai barang rongsokan historis. Untuk itu amat dibutuhkan suatu konsep keras, berjangkauan luas dan berdaya tahan lama.

Buku ini adalah suatu upaya baku untuk meraih kemapanan baru. Sementara gagasan lama tidak dirobek begitu saja, tapi disaring dengan seksama, hingga apa yang tersaring didepan mahasiswa dan praktisi adalah kajian yang menarik bak sebuah novel. Sebagai contoh, definisi ilmu administrasi negara tidak lagi ditarik dari satu perspektif saja, tapi sebaliknya merupakan sintesa dari upaya intelektual dan profesional terhadap unsur-unsur politik, teknik administrasi dan teori etika. Dari titik inilah administrasi negara akan mampu memenuhi fungsi walau ia dilanda gejolak modernisasi, perubahan sosial dan teknologi.

Yang teramat menarik dari buku ini adalah penggambaran nya yang begitu jelas tentang peta administrasi negara dari dulu sampai sekarang, tanpa ada yang tersisa baik yang bersifat masa lalu mapun yang menantang di masa kini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar