Pengantar ilmu Sastra, Jan van Luxemburg, Mieke Bal, Willem G. Weststeijn

Judul/Title: Pengantar Ilmu Sastra
Penulis/Author: Jan van Luxemburg, Mieke Bal, Willem G. Weststeijn
Penerjemah/Translator: Dick Hartoko
Penerbit/Publisher: Gramedia
Edisi/Edition: 1992
Halaman/Pages: 233
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga/Price: Rp. 55.000
Status: Ada/Available

***

Buku teori sastra dalam bahasa Indonesia adalah buku yang termasuk langka di Tanah Air. Akibatnya, banyak diantara mahasiswa kita yang tidak menguasai teori sastra dengan baik, dan juga tidak mampu mengikuti perkembangan teori sastra yang mutakhir.

Buku Pengantar Ilmu Sastra ini dapatlah dianggap sebagai salah satu upaya guna mengisi kelangkaan itu. Dalam buku ini, Jan van Luxemburg, Mieke Bal, Willem G. Weststeijn berusaha menyajikan sebuah pengantar ilmu sastra serta persoalan-persoalan yang berkaitan dan yang ada didalamnya. Selain itu, juga dibicarakan pengertian-pengertian yang sering dipakai dalam ilmu sastra dewasa ini, seperti formalisme, strukturalisme, poststrukturalisme, estetika resepsi, dekonstruksi, semiotik dan lain-lain.

Seperti dikatakan pengarang dalam Kata Pengatar, buku ini terutama "dimaksudkan sebagai sarana pembantu bagi kuliah-kuliah yang mengantar mahasiswa baru ke ilmu sastra umum". Tetapi menurut H.B.Jassin, ia pun "sangat bermanfaat bukan saja bagi sastrawan dan ahli kesusastraan, tapi juga bagi orang awam dan peminat yang mempunyai profesi lain".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar