Metode Penelitian Administrasi, Prof. DR. Sugiyono

Judul/Title: Metode Penelitian Administrasi
Penulis/Author: Prof. Dr. Sugiyono
Penerbit/Publisher: Alfabeta
Edisi/Edition: 2008
Halaman/Pages: 389
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga/Price: Rp. 50.000
Status: Ada/Available

***

Sejak dinyatakan administrasi ataua manajemen sebagai ilmu dan profesi, maka telah berkembang berbagai metode penelitian yang dapat digunakan untuk mengembangkan ilmu dan pemecahan masalah dalam kegiatan administrasi. Secara umum terdapat dua metode penelitian, yaitu metode kuantitatif dan metode kualitatif. Metode kuantitatif didasarkan pada filsafat positivism, sedangkan metode kualitatif didasarkan pada filsafat postpositivism. Perbedaan kedua metode penelitian bukan sekedar yang kuantitatif menggunakan statistik, dan yang kualitatif tidak menggunakan statistik. Perbedaan kedua metode tersebut meliputi perbedaan dalam hal aksioma/pandangan dasar tentang realitas, proses penelitian, an karakteristik kedua metode tersebut. Kedua metode tersebut tidak dapat dipertentangkan, tetapi saling melengkapi, namun dalam penggunaanya tidak bisa digabungkan karena pola pikir dan prosesnya berbeda.

Metode penelitian yang dikemukakan dalam buku ini adalah metode kuantitatif, dengan pola pikir "logiko, hipotetiko, verifikatif". Dengan demikian proses penelitiannya selalu berangkat dari masalah yang jelas, menggunakan teori dan hasil penelitian yang relevan untuk merumuskan hipotesis, mengumpulkan data pada populasi atau sampel tertentu dengan menggunakan instrumen yang telah di uji validatas dan reabilitasnya, dan menggunakan teknik statistik untuk analisis data baik untuk menjawab rumusan masalah maupun menguji hipotesis yang diajukan. Statistik yang digunakan dapat berupa statistik deskriptif, parametris maupun nonparametris.

Buku ini dirancang untuk dapat digunakan secara praktis baik oleh kalangan akademisi, peneliti profesional, dan peneliti untuk pengembangan institusi seperti mereka yang bekerja di litbang-litbang departemen serta pemerintah daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar