Human Relation & Public Relation, Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, MA.

Judul/Title: Human Relation & Public Relation
Penulis/Author: Prof.Drs. Onong Uchjana Effendy, MA
Penerbit/Publisher: Mandar Maju
Edisi/Edition: 2009
Halaman/Pages: 230
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga/Price: Rp. 45.000
Status: Ada/Available

***

Buku ini menjelaskan korelasi fungsional antara human relations dan public relations dengan management, yang dalam management modern amat potensial bagi kepentingan seorang manager atau pemimpin organisasi.

Pembahasan dalam bab pertama buku ini mengenai organisasi beserta management-nya, difokuskan pada faktor "M", yakni "Men" atau "Manusia" salah satu faktor yang paling rumit dari "Six M" dalam management. Rumitnya faktor manusia, karena sifatnya yang unik. Keunikannya itu sering menyebabkan timbulnya hambatan terhadap efektivitas dan efesiensi pencapaian tujuan organisasi.

Paparan mengenai manusia ini diperdalam lagi dalam bab mengenai human relations, yakni human relations dalam arti sempit atau human relations dalam organisasi kekaryaan (work organization). Dijelaskan dalam bab tersebut tentang watak, sifat dan perangai manusia sebagai produk dari keturunan (heredity) dan lingkungan sosial (social environment), yang amat berpengaruh terhadap tingkah laku organisasional (organizational behavior). Dibahas pula dalam bab human relation itu metoda dan teknik penyembuhan frustasi yang merupakan akibat dari benturan psikologis dan konflik antara kepentingan pribadi dengan kepentingan organisasi, dan merupakan sebab dari ketidaklancaran jalannya organisasi ditinjau dari faktor manusia.



Dalam bab berikutnya public relations sebagai fungsi management diuraikan mulai dari perkembangannua sampai kepada kegiatan-kegiatan untuk mempraktekannya, setelah terlebih dahulu diterangkan mengenai proses berlangsungnya secara tahap demi tahap. Pentingnya penjelasan mengenai perekembangan public relations itu adalah karena kegiatannya dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, perkembangan masyarakat dan perubahan politik, sehingga dengan sendirinya kegiatannya harus disesuaikan demi kelangsungan jalannya organisasi. Pengetahuan tentang proses dan segi-segi praktis public relations disajikan untuk melengkapinya, sehingga jawaban terhadap pertanyaan "apa", mengapa", dan "bagaimana" public relations itu dapat terjawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar