Ensiklopedi Tematis Spiritualitas Islam, Seyyed Hossein Nasr [Ed.]

Judul/Title: Ensiklopedi Spiritualitas Islam
Penulis/Author: Seyyed Hossein Nasr [Ed.]
Penerbit/Publisher: Mizan
Edisi/Edition: 2002
Halaman/Pages: 651
Sampul/Cover: Hardcover
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga/Price: Call
Status: Ada/Available

***

Spiritualitas Islam pada hakikatnya merupakan realisasi dari Tauhid, berdasarkan teladan Nabi Muhammad SAW, dan bantuannya. Tujuannya adalah memperoleh sifat-sifat Ilahi dengan cara berupaya mencapai kebaikan-kebaikan yang sempurna yang dicapai oleh Nabi Muhammad SAW. Metode-metode serta barakah yang datang dari Nabi SAW, dan wahyu Al-Qur'an.

Spiritualitas inilah yang telah menghidupkan jiwa masyarakat Islam selama berabad-abad. Ia melahirkan figur-figur sufi terkemuka, baik laki-laki maupun perempuan, yang telah mencapai hakikat kemanusiaan. Ia telah menumbuhsuburkan karya-karya seni paling agung di dunia, dari seni pertamanan hingga musik. Ia telah mengilhami lahirnya para ilmuwan dan filosof paling menonjol yang dikenal dunia. Ia telah menawarkan suatu modus beragama yang inklusif dan terbuka. Ia selalu berada di jantung Islam dan menjadi pintu bagi pemahaman yang lebih mendalam tetang Islam dan berbagai aspeknya.

Buku yang berfokus pada dasar-dasar spiritualitas ini dipetakan isinya ke dalam empat bagian. Bagian pertama membahas akar-akarnya dalam Al-Qur'an, Sunnah, dan ritual-ritual Islam. Bagian kedua memaparkan tradisi-tradisi utama di Dunia Islam: Sunni dan Syiah, serta menyertakan pula paparan tentang tradisi Ismailiyyah serta spiritualitas perempuan dalam Islam. Bagian ketiga membentangkan dunia tasawuf itu sendiri: hakikatnya, asal-usulnya, dinamikanya, serta ilmu jiwa sufi tentang Jiwa. Bagian keempat mengulas pengetahuan tentang realitas: doktrin Islam tentang Tuhan, malaikat, alam semesta, manusia dan eskatologi.



Ditulis oleh pakar dengan otoritas tinggi di bidang ini--semisal Seyyed Hossein Nasr, Annemare Schimmel, Sachiko Murata, Frithjof Schuon, William Chittick-buku ini tidak bisa dilewatkan oleh siapa saja yang ingin mendapatkan pengetahuan menyeluruh, padat dan multi-dimensi tentang dunia spiritualitas Islam.

Di tengan publikasi media tentang fundamentalisme Islam, buku tentang spiritualitas Islam pasti mendapatkan tempat tersendiri. Buku ini, semoga seperti yang diharapkan, dapat membuka mata kita terhadap sebuah aspek penting dari Islam yang sering tersembunyi dari mata khayalak, utamanya publik Barat.
-The Muslim World

Bagi siapa saja yang meminati Spiritualitas Islam, esai-esai di dalam buku ini sangat dianjurkan untuk disimak. Sangat sulit menemukan karya kontemporer dalam genre semacam ini yang begitu efektif memadukan sisi intelektual dan sisi spiritual dalam memaparkan modus spiritualitas.
-Gnosis Magazine 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar