Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Abdul Majid S, Ag., M.Pd.

Judul/Title: Belajar dan Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Penulis/Author: Abdul Majid S,Ag., M.Pd.
Penerbit/Publisher: Rosda
Edisi/Edition: 2013
Halaman/Pages: 312
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga/Price: Rp. 70.000
Status: Ada/Available

***

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada siswa/mahasiswa mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi yang syarat dengan muatan nilai-nilai (ilahiah, insaniah dan alamiah). Dalam konteks NKRI yang mayoritas masyarakatnya memeluk Islam, seharusnya PAI mendasari pendidikan-pendidikan lain, serta menjadi core (inti) dan primadona bagi masyarakat, orang tua dan peserta didik. Namun, dalam kenyataannya kurang mendapat perhatian yang proporsional. Padahal mata pelajaran PAI termasuk pada kelompok pengembangan kepribadian, sejatinya dijadikan tolok ukur dalam membentuk watak, kepribadian, dan moral bangsa (national character building). Kehadiran buku ini setidaknya dapat dijadikan bahan/referensi bagi mahasiswa, guru dan pihak lainnya sebagai kajian pada dua mata kuliah, yaitu 'Telaah Kurikulum PAI' serta 'Belajar dan Pembelajaran PAI' walaupun tidak sepenuhnya menggambarkan tentang apa yang dibutuhkan pada mata kuliah tersebut.


Secara garis besar, isi buku ini dapat dikategorikan ke dalam dua bagian, yaitu: Pertama, Telaah kurikulum PAI, hal ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman agar kegiatan pembelajaran PAI yang hendak dilakukan oleh guru diawali dengan kegiatan menelaah kurikulum. Dengan menelaah kurikulum, guru dapat memetakan keterhubungan antara satu kompentensi dengan kompetensi lainnya baik secara vertikal maupun horizontal sehingga guru dan pengelola pendidikan akan memiliki gambaran yang jelas tentang tujuan program pendidikan, bahan ajar, tata urut dan cakupan materi, penyajian materi, serta peran guru dan murid dalam rangkaian pembelajaran. Tanpa pemahaman yang baik dan benar terhadap tujuan, prinsip-prinsip dan isi kurikulum, guru akan mendapatkan kesulitan ketika menjabarkannya ke dalam kegiatan pembelajaran.

Kedua, buku ini menyajikan model-model pembelajaran PAI dan penilaiannya, yaitu dengan menyuguhkan berbagai model pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang pernah diujicobakan oleh berbagai pihak dan menunjukkan respon dan hasil yang positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran PAI baik dari aspek pengetahuan, sikap maupun tindakan. Hal ini dapat dijadikan modal/bahan dalam pembelajaran PAI yang lebih efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar