MENYINGKAP DIRI MANUSIA: RISALAH ILMU AKHLAQ, Allamah Sayyid Abdullah bin Husain bin Thahir

Judul/Title: Menyingkap Diri Manusia: Risalah Ilmu dan Akhlaq
Penulis/Author: Allamah Sayyid Abdullah bin Husain bin Thahir
Penerbit/Publisher: Pustaka Hidayah
Edisi/Edition: I, 1997
Halaman/Pages: 158
Dimensi/Dimension: 15 x 23 x 1 cm
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Harga/Price: Rp. 70.000,-
Call No.: 2x5/Tha/m
Status: Ada/Available

***

"Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya; dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan bodoh..." (QS. 33:72)

Ayat di atas memberi peringatan kepada manusia tentang besarnya amanat yang diembannya. Allah memberi segala sarana kepada manusi agar dapat menaati amanat tersebut. Tapi apakah yang dilakukan manusia?

Dari waktu ke waktu dosa manusia semakin menumpuk; manusia lebih memilih kenikmatan sesaat daripada karunia Allah yang besar. Dari hari ke hari manusia senantiasa membalas nikmat Allah dengan mengulang-ulang kemaksiatan kepadaNya. Dari menit ke menit manusia melumuri dirinya dengan keberanian menampakkan keingkarannya kepada Allah. Dan, dari detik ke detik, manusia benar-benar menjadi "amat zalim dan bodoh".

Buku ini, Menyingkap Diri Manuisa: Risalah Ilmu dan Akhlak, mengupas secara mendalam segala aspek kehidupan manusia dalam kaitannya dengan amanat yang diembannya. Penulisanya -- seorang sufi yang dikenal memiliki maqam dan telah mencapai tingkat spiritual yang tinggi -- memulai penjelasannya dengan mengurai fungsi setiap organ tubuh manusia, masing-masing dengan fungsi dan amanat yang harus dipenuhinya. Kemudian, dilanjutkan dengan merinci amanat dan fungsi jiwa, lengkap dengan menyebutkan penyakit-penyakit yang dapat merusak kesucian jiwa, sekaligus mengajukan penawarnya. Uraian ditutup dengan mengajukan kangkah yang harus ditempuh manusia agar selamat dalam meniti perjalanan hidupnya.

Inilah buku yang akan membantu manusia mengenai "kemanusiaannya". Maka tidaklah berlebihan bila dikatakan, bahwa buku ini merupakan buku yang paling diperlukan di tengah kemelut hidup dewasa ini, dan karenanya, harus dibaca setiap orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar